Menurut dr. Jan Tambayong dalam Buku Patofisiologi Untuk Keperawatan, (2000 ; 157 ), diabetes mellitus adalah keadaan dimana tubuh tidak menghasilkan atau memakai insulin sebagaimana mestinya, insulin adalah hormon yang membawa glukosa darah kedalam sel-sel dan menyimpannya sebagai glikogen. Kadar glukosa darah yang tinggi mengganggu sirkulasi dan dapat merusak syaraf. Hal ini berakibat kematian jaringan dan dapat berakhir dengan amputasi. Diabetes mellitus mengakibatkan resiko timbulnya aterosklerosis atau penyempitan pembuluh darah. Salahsatu faktor penyebab terjadinya diabetes yaitu dari makanan yang anda konsumsi. Meski makanan untuk gula darah anda memiliki kandungan yang baik untuk menurunkan kadar gula darah, namun harus tetap diperhatikan cara mengolah makanan tersebut.

Tips Sehat Mengolah Makanan untuk Penderita Gula Darah Tinggi

Ada bebapa tips yang saya sarankan bagi anda yang menginginkan kandungan makanannya tetap terjaga. Yaitu apabila anda mengkonsumsi jenis daging atau ikan sebaiknya hindari dimasak dengan cara digoreng apalagi dengan memakai minyak goreng yang cukup banyak, karena hal tersebut akan menimbulkan kolesterol anda meningkat dan protein yang ada di dalamnya sedikit demi sedikit akan hilang dan yang ditakutkan kandungan lemak dalam makanan akan meningkat sehingga apabila dikonsumsi akan menghambat fungsi insulin dalam tubuh anda. Kemudian apabila anda mengkonsumsi buah-buahan untuk menurunkan kadar gula darah anda, selain dicuci bersih atau dikonsumsi secara higienis sebaiknya untuk buah-buahan seperti apel tidak perlu anda kupas kulitnya, karena vitamin yang ada dibuah apel tentu dikulitnya pun ada. Selanjutnya bagi anda yang suka makanan pedas, cabai memang dipercaya mampu menurunkan kadar gula darah, namun alangkah baiknya apabila biji cabai dibuang. Karena selain untuk mengurangi rasa pedas yang berlebihan juga untuk menghindari penyumbatan usus buntu dalam tubuh anda.

Itulah beberapa tips dalam mengolah makanan untuk gula darah anda agar menurun. Dan tetap jaga pola makan anda juga pola hidup anda yang tentunya harus lebih terkontrol dan terkendali. Selain dari itu imbangi pula dengan minum air putih yang cukup.

SEO Sponsors

Sebuah tulisan penuh makna
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top