Panel listrik adalah salah satu alat yang dibutuhkan dalam pemasangan listrik, baik di rumah, gedung, pabrik, maupun di berbagai tempat lainnya. Panel listrik itu sejenis tempat pengaturan pembagi dan pemutus aliran listrik. Panel adalah susunan beberapa bidang yang membentuk suatu kesatuan bentuk dan fungsi.

Sebagai peralatan yang berfungsi untuk mengatur dan mengendalikan beban listrik di bengkel listrik maupun industri yang menggunakan motor listrik sebagai penggeraknya panel listrik begitu penting dalam pemasangan listrik. Keberadaan listrik bagi kehidupan menyebabkan banyak produsen panel listrik yang memproduksi box panel listrik.

Seiring berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi menyebabkan banyak produsen yang membuat box panel listrik dan jual panel listrik.

Terdapat beberapa macam panel yang sering digunakan dalam pemasangan listrik, baik di rumah, di gedung, maupun di tempat lainnya. Pertama, panel tenaga merupakan panel yang berfungsi mendistribusikan, membagi, dan menyalurkan tenaga listrik dari panel induk tegangan rendah sampan dengan ke beban. Kedua, LVMDP (Low Voltage Main Distribution Panel) panel distribusi tegangan rendah merupakan pusat pendistribusian power tenaga listrik sebelum disalurkan ke pengguna tenaga listrik di berbagai tempat.

Panel ini biasanya ditempatkan tepat di keluaran sumber atau power tenaga listrik, baik power listrik tersebut berasal dari trafo PLN, generator Set (Genset). Ketiga, MVMDP (Medium Voltage Main Distribution Panel) panel ini menyalurkan tenaga listrik atau tegangan sebesar 20 Kx dari panel atau gardu PLN menuju LVMDP.

Keempat, Panel CPGS (Control Panel Generator Set) merupakan panel yang berfungsi untuk mengontrol beberapa parameter kondisi generator pada saat bekerja.

Melalui banyaknya produsen yang membuat box panel listrik dan jual panel listrik membuat para pemasang listrik tidak mengalami kesulitan mendapatkan komponen – komponen yang dibutuhkan dalam pemasangan listrik. Terdapat beberapa macam panel yang digunakan untuk memasang listrik, yaitu panel LVMDP, panel MVMDP, panel CGS, dan panel tenaga.

Panel kontrol listrik sebagai peralatan yang berfungsi untuk mengatur dan mengendalikan beban listrik di bengkel listrik maupun industri yang menggunakan motor listrik sebagai penggeraknya.

SEO Sponsors

Sebuah tulisan penuh makna
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top