Sejarah Hardisk
Penggunaan perangkat Hard disk yang berfungsi media penyimpan data pada personal komputer. Alat ini mempunyai mekanisme berbeda dengan disket biasa. Bisa dibayangkan betapa sangat banyak yang harus disediakan untuk menyimpan berbagai data untuk menyimpan program aplikasi.

Perkembangan hardisk tak terlalu jauh dengan perkembangan komputer pada umumnya. Hard disk pertama yang diciptakan yaitu Hard disk yang ditawarkan tahun 1956 oleh IBM. yang menarik Hard disk tersebut memiliki berat 500Kg dengan kapasitas hayanya sebesar 5MB. Karena sangat mahal, Hard disk ini biasanya di sewakan kepada perusahaan dengan biaya penyewaan $5000 US dollar per bulan.

Pada bulan oktober 1962, diperkenalkan model terbaru. Hard disk ini dapat menyimpan 2 juta karakter. Ketebalan Hardisk ini yaitu 4 Inchi dengan berat sekitar 4,5Kg. Jika dibandingkan yang sebelumnya, hard disk ini tentu jauh lebih ringan walaupun masih berat. Perkembangan pesat hard disk terus saja melaju sesuai dengan teknologi yang ada. Seperti pada tahun 1989 ketika Western Digital telah membuat standar IDE (Integrated Drive Electronics) pada semua ukuran hard disk.

Pada tahun 2005 misalnya, Samsung membuat sebuah hybrid hard disk 2.5 inci, HD ini menggunakan komponen mekanis magnetis dan NAND flash memory yang berfungsi sebagai buffer yang cepat. Dua tahun setelahnya, Hitachi, memperkenalkan DeskStar 7K1000 Hard disk ke pasaran untuk pertama kali, dengan kapasitas 1000GB (1 TeraByte).

Sekitar tahun 2010 telah muncul Solid State Drive (SSD). Penyimpanan versi terbaru ini mempunyai kelebihan: hemat daya, tidak berisik, cepat, serta sangat handal. Dengan kelebihan tersebut, alat ini merupakan kriteria hard disk masa depan.Namun, ada beberapa kekurangan pada perangkat ini. Yaitu yang pertama, harganya masih di atas hardisk dengan kapasitas yang sama. Namun ke depan tentunya akan semakin murah dan ukuran penyimpanan yang semakin banyak.

Nah itulah sejarah panjang Hard Disk. Tentunya seperti perangkat komputer lain, bahwa barang yang kita lihat sekrang tentu tak langsung berukuran seperti yang dilihat. Keadaan yang sekarang merupakan efek dari makin meningkatnya teknologi pendukung lainnya.

SEO Sponsors

Sebuah tulisan penuh makna
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top