Postingan Populer


Jaringan 5G yang sedang berkembang memiliki latensi yang lebih rendah, kapasitas lebih tinggi, dan bandwidth yang lebih tinggi dibandingkan dengan 4G. Peningkatan jaringan ini akan berdampak luas pada cara orang hidup, bekerja, dan bermain di seluruh dunia.


  • Peningkatan Kecepatan

Setiap generasi jaringan nirkabel telah mencerminkan peningkatan kecepatan yang signifikan, dan manfaat 5G — teknologi jaringan seluler generasi kelima — akan melampaui 4G LTE.

Kecepatan yang diprediksi hingga 10 Gbps mewakili peningkatan hingga 100x dibandingkan dengan 4G.1 Dalam istilah praktis, peningkatan kecepatan 4G vs. 5G akan berarti kemungkinan yang menarik bagi konsumen. 


Mentransfer film resolusi tinggi pada kecepatan pengunduhan puncak akan berubah dari hanya membutuhkan tujuh menit menjadi hanya enam detik.2 Penghematan waktu itu bisa berarti dapat mengambil film hit baru sebelum pramugari meminta Anda untuk menyetel ponsel Anda dalam mode pesawat.

Setelah operator meluncurkan fitur 5G lengkap, konsumen dan bisnis dapat mulai mempertimbangkan jaringan 5G sebagai alternatif yang kuat untuk koneksi broadband cepat.


  • Latensi Rendah

Latensi mengukur berapa lama sebuah sinyal pergi dari sumbernya ke penerima, dan kemudian kembali lagi. Salah satu tujuan dari setiap generasi nirkabel adalah untuk mengurangi latensi. Jaringan 5G baru akan memiliki latensi yang lebih rendah daripada 4G LTE, dengan transmisi data pulang-pergi membutuhkan waktu kurang dari lima milidetik.1

Latensi 5G akan lebih cepat daripada pemrosesan visual manusia, sehingga memungkinkan untuk mengontrol perangkat dari jarak jauh hampir secara real-time. Kecepatan reaksi manusia akan menjadi faktor pembatas untuk aplikasi jarak jauh yang menggunakan 5G dan IoT — dan banyak aplikasi baru akan melibatkan komunikasi mesin-ke-mesin yang tidak dibatasi oleh seberapa cepat manusia dapat merespons.


Sementara pertanian, manufaktur, dan logistik semuanya akan mendapat manfaat dari latensi yang lebih rendah, para gamer juga sangat mengantisipasi peluncuran 5G.

Kombinasi kecepatan tinggi dan kelambatan minimal sangat cocok untuk aplikasi virtual reality (VR) dan augmented reality (AR), yang kemungkinan besar akan meledak popularitasnya karena peningkatan konektivitas menciptakan pengalaman yang lebih mulus dan imersif.


  • Kapasitas yang Ditingkatkan

Kecepatan memang mengasyikkan, tetapi salah satu pertanyaan yang ada di benak para analis dan pemimpin industri adalah ini: Bagaimana 5G akan membantu bisnis meningkatkan inisiatif teknologinya?


5G akan menghadirkan kapasitas hingga 1.000x lebih banyak daripada 4G, 3 menciptakan lahan subur untuk pengembangan IoT. 5G dan IoT adalah pasangan yang sempurna, diatur untuk mendefinisikan kembali bagaimana jaringan nirkabel — dan internet secara keseluruhan — digunakan. Dengan kapasitas ratusan atau ribuan perangkat yang berkomunikasi secara mulus, aplikasi baru dan kasus penggunaan untuk kota, pabrik, pertanian, sekolah, dan rumah akan berkembang.

Bayangkan kasus penggunaan 5G yang melibatkan ribuan sensor pada ratusan mesin berbeda yang mengotomatiskan proses manajemen rantai pasokan, memastikan pengiriman material tepat waktu sambil menggunakan pemeliharaan prediktif untuk meminimalkan penghentian pekerjaan.


Rumah pintar dan kota juga akan mengambil lompatan besar di masa depan 5G. Menggunakan lebih banyak perangkat yang terhubung dari sebelumnya, AI akan dibawa ke tempat-tempat yang belum pernah ada sebelumnya dengan komputasi tepi. Dari rumah-rumah yang memberikan saran hemat energi yang dipersonalisasi yang memaksimalkan dampak lingkungan hingga lampu lalu lintas yang mengubah polanya berdasarkan arus lalu lintas, aplikasi 5G yang mengandalkan kapasitas jaringan tambahan akan berdampak pada hampir semua orang.


  • Peningkatan Bandwidth

Kombinasi peningkatan kecepatan dan kapasitas jaringan pada jaringan 5G akan menciptakan potensi pengiriman data dalam jumlah yang lebih besar daripada yang mungkin dilakukan dengan jaringan 4G LTE.

Jaringan 5G dirancang secara berbeda dari jaringan 4G tradisional, memungkinkan pengoptimalan lalu lintas jaringan yang lebih besar dan penanganan lonjakan penggunaan yang lancar. Stadion yang penuh sesak dan tempat lain telah berjuang untuk menyediakan konektivitas tanpa batas bagi banyak penonton, tetapi 5G dapat memungkinkan penggemar olahraga untuk menyiarkan langsung pengalaman mereka dari kursi mana pun di arena.


Untuk bisnis, dampak peningkatan bandwidth akan bergema di banyak departemen dan divisi dalam bentuk big data. Saat ini, perusahaan menerima lebih banyak informasi dari pelanggan, pemasok, dan tim daripada yang dapat mereka proses dan analisis untuk mendapatkan wawasan. Dengan konektivitas 5G dan analitik data besar, bisnis ini dapat mengubah volume data yang besar menjadi pengetahuan yang dapat ditindaklanjuti.


  • Ketersediaan dan Cakupan

Sementara konsumen dan bisnis sangat ingin merasakan manfaat 5G untuk diri mereka sendiri, ketersediaan cakupan 5G masih terbatas. Saat ini, semua operator seluler utama AS menyebarkan jaringan 5G di kota-kota besar saat mereka mempersiapkan peluncuran yang lebih luas.


  • Teknologi dan Solusi Intel® 5G

Manfaat penuh dari 5G bergantung pada memiliki jaringan yang mampu mendukung kemampuan dan fitur generasi mendatang. Sebagai pemimpin komputasi dalam solusi jaringan, Intel sangat penting untuk struktur dan organisasi peluncuran 5G global

Teknologi Intel 5G akan mendorong pengalaman 5G masa depan — dari perangkat edge yang mengumpulkan data di lapangan hingga server jaringan yang dioptimalkan untuk beban kerja yang didukung oleh prosesor Intel® Xeon® yang Dapat Diskalakan.


Intel berdedikasi untuk memaksimalkan potensi 5G dalam berbagai aplikasi dan kasus penggunaan, dari rumah hingga tempat kerja dan seterusnya.


SEO Sponsors

Sebuah tulisan penuh makna
«
Next
This is the most recent post.
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top