Postingan Populer

Image result for Tips Menjaga Kesehatan Anak di Lingkungan Sekolah
Anak tetap sehat dalam kondisi dan situasi apapun tidaklah mudah, terlebih ketika anak berada di lingkungan sekolah. Untuk menjaga kesehatan anak saat di sekolah, Anda perlu menerapkan beberapa perilaku sehat yang dimulai dari rumah. 

Berikut di bawah ini adalah tips yang bisa Anda lakukan untuk menjaga anak tetap sehat walaupun sedang berada di sekolah.

1. Beri bekal minuman secukupnya

Biasanya saat di sekolah, anak sering melihat jajanan yang menurutnya menarik dan enak. Anak tidak tahu apa-apa tentang minuman yang dibelinya tersebut, padahal di dalamnya mengandung zat pewarna makanan dan pemanis buatan yang membahayakan kesehatannya sendiri. Oleh karena itu, Anda perlu memberikan bekal minuman sehat secukupnya dengan olahan lebih menarik dan rasanya tidak kalah dengan yang dijual di sekolahan.

2. Variasi makanan sangat penting

Anak yang suka jajanan sekolah dari pada buatan ibunya sendiri, di karenakan oleh rasa bosan pada makanan yang dibawanya itu-itu saja. Cobalah berikan variasi makanan yang lebih unik dan menarik, yang penting makanan tersebut sehat dan anak pun suka.

3. Beri uang saku sewajarnya

Jangan karena ibu sayang anak, memberi uang saku yang nilainya besar adalah hal yang dikiranya wajar. Padahal kebiasaan seperti itu membuat anak lebih leluasa membeli makanan yang menurutnya enak, tanpa memikirkan sehat atau tidaknya. Selain itu, uang saku yang terlalu besar akan membuat anak semakin manja dan tidak belajar untuk bisa menabung. Beri uang saku sewajarnya saja. Adapun ingin memberikan jatah jajan lebih, sebaiknya sambil diajarkan memberi dan menabung.

4. Jelaskan dengan kata-kata bijak tentang bahaya jajan sembarangan

Tidak semua anak dapat menerima saran dan aturan dari orang tuanya. Oleh karena itu, Anda perlu menjelaskannya dengan kata-kata bijak, lemah lembut, penuh canda, dan sifatnya bukan memaksa. Kemudian, sambil dijelaskan tentang bahayanya jajan sembarangan, Anda pun perlu memberikan solusi lain yang kira-kira anak bisa menerimanya.

Itulah tips tentang menjaga kesehatan anak selagi berada di lingkungan sekolah. Selebihnya, bisa ditambahkan sendiri sesuai dengan prinsip dan aturan keluarga Anda.

SEO Sponsors

Sebuah tulisan penuh makna
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top