Olahraga bola voli pertama kali diciptakan oleh William B Morgan pada tahun 1895 di Amerika bagian timur. william adalah seorang pembina Pendidikan Jasmani do Young Men Cristian. Dan permainan Bola voli ini perkembangannya sangat cepat terutama di Amerika itu sendir . kemudian pada tahun 1933 YMCA mengadakan kejuaraan Nasional.

Sejarah Olahraga Bola Voli

Dahulu permainan ini disebut dengan Mintonette yang merupakan sebuah permainan yang mengadopsi dari berbagai jenis permainan lainnya. Dan perubahan nama dari Mintonette ke Vollyball terjadi pada tahun 1896. Dan di tahun itu juga oleh Dr. Luther Halsery Gulick. Mengundang dan meminta William untuk mendemonstrasikan permainan yang telah ia ciptakan tersebut. Di sebuah konferensi yang bertempat di YMCA, Springfield dihadiri oleh seluruh instruksi pendidikan jasmani. Dengan kesempatan itu William membawa dua tim yang beranggotakan lima orang.

Peraturan bola voli pada awalnya tidak di tentukan berapapun jumlah para pemain yang ada dalam satu timnya. Dan di tahun 1986 Oleh Al Fred Halstead yang telah menyaksikan permainannya dan menganggap permainan vollyball ini sangat cocok dengan nama permainan ini mengingat ciri khas permainan ini dengan mengkombinasikan gerakan-gerakan dari permainan lain.

Permainan ini mulai populer di kalangan muda dan tua, karena tidak memerlukan lapangan yang sangat luas dan harganya lebih murah. Voli juga dapat di mainkan oleh banayak orang sekaligus. Akan tetapi dari tahun ke tahun banyak perubahan dalam permainan bola voli ini. seperti diantaranya:

Pada tahun 1912 di berlakukan sistem rotasi

Pada tahun 1917 sistem 21 poin di gantikan dengan sistem 15 poin

Pada tahun 1918. Jika pada awalnya permainan ini bebas mau berapapun pemain yang bermain akan tetapi pada tahun ini berubah dan di tetapkan hanya 6 orang. Dan tinggi net 8 feet

Pada tahun 1921 garis tengah yang berada di bawah net.

Pada tahun 1992 setiap tim masing-masing di perbolehkan untuk memainkan bola hanya tiga kali lalu kemudian harus di sebrangkan ke daerah lawannya.

Pada tahun 1990 sistem 21 poin kini di perbolehkan kembali untuk satu set.

SEO Sponsors

Sebuah tulisan penuh makna
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Top