Seorang guru terkadang sering dianggap tidak ada oleh banyak siswa padahal guru tersebut berada ditengah-tengah mereka sedang menerangkan suatu bahasan pelajaran. Pentingnya sebuah penggambaran seorang guru yang tampak pada siswa-sisawanya, seperti tanggap terhadap sebuah perhatian keterlibatan, adanya interaksi dengan para siswa dan ketidak acuhan guru tersebut terhadap siswa yang berada di dalam kelas. Ada beberapa tips untuk dapat menciptakan kondisi belajar yang optimal, berikut adalah tipsnya:

Tips Penciptaan Kondisi Belajar Yang Optimal

1 . Memandang Dengan Seksama
Hal ini dapat memungkinkan bagi para guru untuk dapat meliput dan terlibat bersama siswa dalam mengerjakan tugas dan memungkinkan para guru untuk dapat memberikan respon yang baik terhadap kelompok ataupun inividu.

2 . Gerakan Mendekati
Sering-seringlah berjalan mendekati para siswa ketika sedang melakukan sebuah penjelasan, hal tersebut bertujuan untuk menunjukan kesiapan para guru dalam memberikan perhatian dan minat kepada siswa-siswanya.

3 . Memberikan Reaksi
Reaksi yang dimaksud adalah reaksi terhadap sebuah kekacauan atau gangguan yang ditimbulkan oleh siswa ketika sedang dilakukannya kegiatan belajar mengajar. Dengan adanya teguran dari seorang guru terhadap siswa yang berprilaku negatif seperti itu akan menimbulkan perhatian agar siswa tersebut tidak mengulangi hal tersebut lagi. Teguran yang anda alamatkan haruslah tepat sasaran yaitu pada siswa yang bersalah dalam kekacauan tersebut.

4 . Membagi-Bagi Perhatian
Bagilah perhatian anda menjadi dua yaitu dengan melalui Verbal dan Visual. Perhatian dalam bentuk verbal bisa berbentuk sebuah komentar terhadap sebuah aktivitas seseorang yang kemudian dilihat atau dilaporkan oleh siswa lainnya. Sedangkan perhatian dengan jenis visual adalah menunjukan perhatian pada sekelompok siswa maupun individu dengan menyertakan keterlibatan anda dengan kelompok maupun inividu tersebut.

5 . Berikan Sebuah Teguran
Tingkah laku seorang siswa terkadang dapat kelewat batas. Hal tersebut tidak dapat begitu saja dibiarkan, kadang dengan adanya teguran mereka dapat jauh lebih memperhatikan anda. Ada beberapa teguran yang efektif yang dapat anda lakukan seperti: ketegasan dan kejelasan yang anda tujukan kepada siswa-siswa yang mengganggu dan mengadakan sebuah kesepakatan antara guru dan murid sehingga proses mengajar belajar dapat berlangsung dengan aman dan nyaman.

SEO Sponsors

Sebuah tulisan penuh makna
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Top