Saat ini dunia pendidikan sedang gencar dalam menyoroti pendidikan budaya dan pembentukan karakter bangsa. Pentingnya pembentukan karakter tersebut dapat kita rasakan di berbagai media informasi seperti internet dan berbagai seminar maupun gelar wicara yang banyak diadakan. Meningkatnya angka korupsi, kekerasan, perkelahian dan perusakan yang banyak dilakukan oleh anak bangsa saat memicu para pemuka masyarakat ikut andil dalam memecahkan permasalahan tersebut, dan disimpulkanlah bahwa pendidikan akan menjadi sebuah solusi utama bagi permasalahan-permasalahan tersebut.


Pengembangan Pendidikan Dan karakter Bangsa Dengan Pramuka

Pendidikan pramuka sudah dianggap sebagai suatu wadah pembinaan bagi generasi-generasi muda. Satya dan dharma yang dianggap sebagai kode kehormatannya merupakan sebuah mutiara. Jika mutiara tersebut dapat bersemayam dan tertanam dalam setiap hati maka akan mampu menyinari setiap langkah maupun geraknya. Ada 5 poin yang teridentifikasi yang bila kita cermati poin-poin tersebut adalah bentuk sebuah pengamalan satya dan dharma pramuka, berikut poin-poin tersebut:

1 . Religius
Point pertama ini adalah sebuah sikap maupun prilaku yang patuh melaksanakan ajaran-ajaran agama yang dianutnya, hidup rukun dan toleran terhadap agama lain. Poin ini merupakan bentuk pengamalan dharma ke 1 yaitu takwa pada tuhan yang maha esa.

2 . Toleransi
Toleransi dapat diartikan sebuah sikap maupun tindakan yang menghargai serta menghormati perbedaan suku, etnis dan agama. Poin kedua ini juga termasuk pada pengamalan dharma ke 1.

3 . Peduli Terhadap Lingkungan
Poin ketiga ini dapat berarti sikap maupun tindakan yang selalu mengupayakan pencegahan terhadap kerusakan yang terjadi pada lingkungan di sekitar. Poin ini termasuk pada pengamalan dharma kedua yaitu Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia.

4 . Semangat Kebangsaan
Semangat kebangsaan yang dimaksud adalah cara berfikir, berwawasan dan bertindak dalam menempatkan kepentingan negara dan bangsa di atas kepentingan dirinya pribadi ataupun kelompoknya. Poin ini termasuk pada dharma ketiga yaitu patriot yang sopan dan ksatria.

5 . Cinta Terhadap Tanah Air
Cinta tanah air dapat ditunjukan dengan berbagai macam seperti: dengan cara bersikap, berbuat, berfikir, menunjukan sebuah kesetiaan dan lain-lain. Poin ini masih berkaitan dengan dharma ketiga.

SEO Sponsors

Sebuah tulisan penuh makna
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Top