Kulit merupakan salah satu bagian tubuh yang rentan terkena berbagai penyakit. Hal tersebut pula disebabkan kondisi daya tahan tubuh yang rendah, sehingga akibatnya terjadi berbagai reaksi antara bakteri dengan kulit. Salah satu yang sering terjadi adalah alergi kulit. Alergi kulit menyebabkan berbagai komplikasi pada kulit. Alergi kulit ini jarang yang bersifat menular.

Alergi kulit terjadi dapat terjadi dalam waktu yang lama maupun waktu singkat. Waktu terjadinya alergi kulit tersebut tergantung pada tingkat dan waktu paparan alergen yang menyebabkan alergi pada setiap orangnya. Allergen dimiliki oleh setiap orang dengan kapasitas yang berbeda.

Banyak sekali faktor penyebab alergi kulit. Salah satunya adalah faktor genetika atau gen. faktor gen merupakan penyebab umum seseorang terkena alergi. Alergi diwariskan secara turun temurun. Secara genetik keturunan yang memiliki silsilah alergi cenderung disebabkan karena daya tahan tubuh yang rendah secara genetik.

Gangguan kulit mulai dengan alergi kecil dan ruam di tangan, siku, wajah, leher, dan beberapa bagian lain di tubuh. Melalui mengkonsumsi air minum yang tidak aman, partikel debu dan sinar ultraviolet dari matahari dapat menyebabkan alergi pada kulit. Selain itu, kulit yang terkena parasit, bakteri, dan virus dapat memicu terjadinya alergi. Di sisi lain kontak kulit dengan perhiasan yang memiliki jumlah nikel atau logam yang reaktif dapat memicu timbulnya alergi kulit.

Dengan demikian, baik perempuan maupun laki-laki sangat penting memelihara kulit. Kulit merupakan bagian tubuh yang paling sering berinteraksi dengan berbagai debu dan penyakit. Kulit merupakan salah satu bagian tubuh yang sangat rentan terkena berbagai penyakit termasuk di dalamnya terjadi alergi kulit.

Alergi kulit disebabkan oleh berbagai hal. Beberapa di antaranya adalah faktor genetika, kontak kulit dengan logam dan nikel, serta gaya hidup tidak sehat dapat memicu terjadinya alergi kulit. Oleh karena itu, melalui gaya hidup yang sehat dapat menghindarkan kulit dari berbagai permasalahan kulit, sehingga kulit tidak dapat bereaksi dengan parasit, bakteri maupun virus yang menjadi faktor penyebab alergi kulit.

SEO Sponsors

Sebuah tulisan penuh makna
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top