Menjadi mahasiswa tentu saja merupakan tahap dari proses pembelajaran menghadapi hidup yang sesungguhnya. Terutama masa ketiga menempuh pendidikan di college university Indonesia. Perencanaan perlu dilakukan sebagai sebuah pola kegiatan yang dilakukan untuk mencapai tujuan. Perencanaan merupakan persiapan dalam setiap langkah yang akan dilakukan untuk sesuatu hasil yang diinginkan. 

Sebagai mahasiswa makan anda harus merencanakan sesuatu sebagai program dalam menempuh pendidikan tinggi. Perencanaan ini digolongkan menjadi dua. Perencanaan jangka pendeka dan perencanaan jangka panjang. Rencana jangka pendek merupakan rencana yang dilakukan untuk mencapai rencana jangka panjang. Mungkin rencana jangka pendek yang bisa dilakukan ketika kuliah adalah mengatur rencana studi dalam perkuliahan sampai ke aktivitas keseharian selama kuliah, etah bekerja atau tidak ini tergantung keputusan anda.

Sedangkan rencana jangka panjang menjadi bagian dari diri yaitu impian, harapan atau cita-cita yang akan diwujudkan. Berkaitan dengan perkuliahan maka ada dua hal yang bisa dikaitkan dengan rencana jangka panjang. Pertama adalah target lulus dan setelah lulus. Kemudian kedua adalah merencanakan usaha masa depan. Perencanaan jangka panjang harus memiliki indicator di dalamnya. Minimal adalah target terrendah yang harus dicapai sehingga akan dijalani dengan usaha yang maksimal. Terkait dengan usaha masa depan harus mulai ditata sejak awal masuk kuliah sehingga ketika lulus tidak menjadi orang yang kebingungan entah kemana mau melabuhkan tujuan.

Usai melakukan perencanaan maka tahap selanjutnya untuk sukses college university Indonesia adalah persiapan. Hal ini sangat berpengaruh terhadap proses perkuliahan di waktu selanjutnya. Pada tahap ini persiapan pertama adalah menjalin hubungan baik. Hal ini dimaksudkan ketika bersama dosen atau teman sehingga memperlancar proses studi. Kedua, persiapan dalam belajar mandiri. Ini merupakan jalan untuk menunjang proses belajar dan pembiasaan belajar.pengaturan waktu belajar, cara belajar dan kedisiplinan belajar menjadi rangkaian yang harus dilakukan. Sebagai mahasiswa tentu harus memberikan kesan positif terhadap diri maupun orang lain. Dengan perencanaan dan persiapan yang matang akan menjadi awal dalam perjuangan meraih kesuksesan menjadi mahasiswa.

SEO Sponsors

Sebuah tulisan penuh makna
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Top