Tips Sehat Mencuci Piring

Cuci piring adalah pekerjaan wajib yang sudah melekat dengan pekerjaan seorang ibu rumah tangga. Apalagi untuk ibu muda yang masih mempunyai anak kecil yang sedang suka-sukanya makan atau ngemil. Setiap jam hampira selalu ada gelas,piring,sendok,atau perlengkapan dapur lainnya yang harus segera dicuci bersih. Jangan menumpuk cucian kotor sampai berjam-jam karena akan menimbulkan bau yang tidak sedap dan pemandangan dapur yang berantakan. Yang penting lagi dapat menimbulkan bibit penyakit. Dapur yang kotor biasanya berawal dari tempat pencucian piring yang kotor. Hal itu dikarenakan cucian kotor tidak segera dibersihkan. Apa lagi apabila di rumah memiliki hewan piaraan seperti kucing. Bisa saja hewan tersebut menyenggol peralatan yang berbahan dasar gelas sampai jatuh dan pecah. Kalau sudah seperti itu, pasti dapur bukanlah tempat yang menyenangkan bagi ibu. Dapur akan berkesan seperti nerakanya rumah. Kalau sudah sepertiitu, tidak menutup kemungkinan, masalah-masalah yang lebih besar pun bisa terjadi.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan apabila masalah-masalah yang diigambarkan di atas tidak ingin terjadi di dapur atau rumah Anda. Satu-satunya cara adalah dengan menyegerakan pekerjaan cuci piring jangan sampai ditumpuk. Adapun hal-hal yang harus diperhatikan ketika mengerjakan pekerjaan tersebut adalah sebagai berikut:
  • Pisahkanlah makanan sisa yang masih ada di piring, gelas, atau perlengkapan dapur lainnya.
  • Susunlah piring sesuai ukurannya. Ukuran paling besar tempatkan di paling bawah. Hal itu dimaksudkan supaya tumpukan piring tersusun dengan kuat. Apalagi apabila piring-piring tersebut berbahan dasar gelas. Kalu susunannya tidak kuat, bisa jatuh dan pecah.
  • Campurkan sunlight dengan sedikit air.
  • Masukkan spon dan remas-remas sampai berbusa
  • Bersihkan piring kotor dengan bantuan spon. Baik bagian dalam ataupun luarnya.
  • Setelah semuanya selesai disabuni dengan sunlight, nyalakan kran dan basuhlah piring,gelas,sendok,dan perlengkapan dapur lainnya.
  • Rasakan dengan tangan kita, piring dan perlengkapan dapur lainnya kesat sempurna tanpa meninggalkan bau amis.
  • Jangan lupa bersihkan spon dari sabun yang masih menempel dan peras sampai kering. Karena kalau tidak, bisa menimbulkan bau yang kurang sedap.
Hal-hal yang dijelaskan di atas memang sudah sering dilakukan para ibu ketika melakukan aktivitas cuci piring. Namun kenyataannya masih banyak para ibu yang mencuci piring dengan tidak teratur. Missalnya saja menumpuk piring dengan seenaknya tanpa menyusunnya sesuai ukurannnya.

SEO Sponsors

Sebuah tulisan penuh makna
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top