Sebuah gerakan ideologis yang termasuk kedalam maninfestasinya yang di artikulasikan sebagai intermediate techology oleh seorang pakar ekonom yang bernama Dr. Ernst Friedrich atau dikenal dengan anama “Fritz” Schumecher dalam hasil karyanya yang berpengaruh, selogan nya yang terkenal yaitu Small Is Beautifull. Beberapa tanggapan tentang Teknologi Tepat Guna sangat banyak namun banak juga berbagai ilmu terapannya, tekologi tepat guna juga dikenal sebagai pilihan teknologi yang di aplikasikan dengan aplikasinya yang mempunyai karakteristik terdesentralisasi berskala relatif kecil, padat karya, hemat energi dan berkaitan pemanfaatannya dengan lingkungan. Secara umum dapat di artikan bahwa Teknologi Tepat Guna adalah teknologi yang dirancang masyarakat tertentu agar dapat disesuaikan dengan aspek lingkungan , kebudayaan sosial, politik dan ekonomi suatu masyarakat tertentu. 

Dari tujuan yang sama, Teknologi Tepat Guna harus menerapkan metode yang hemat energi dan sumber daya yang mudah dirawat, dan berdampak polutif seminimal mungkin, dibandingkan dengan teknologi arus utama, yang pada umumnya ber emisi menghasilkan bayak limbah dan merusak lingkungan sekitar, beberapa pakar lingkungan Teknologi Tepat Guna pada masa moderen akan menekankan bahwa teknologi ini harus berbasiskan pada manusia dan kebutuhannya. Teknologi Tepat Guna akan terus di kembangkan dalam proses hubungan dengan pembangunan ekonomi dan juga sebagai alternatif dari proses transfer teknologi padat modal dari negara-negara yang berkembang. 

Gerakan Teknologi Tepat Guna dapat di temukan di berbagai negara maju dan juga negara berkembang, dinegara maju gerakan teknologi tepat guna muncul pada era krisis energi pada tahun 1970 dan terfokus pada isu-isu lingkungan yang berkelanjutan ( Sustainbililty ). Disamping itu juga istilah Teknologi Tpat Guna di negara maju memiliki arti yang berlainan, yang lebih merujuk kepada teknik dan rekayasa yang berpandangan berbeda dengan pandangan istimewa terhadap ranting-ranting sosial dan lingkungan. Dari beberapa pengertian di atas Teknologi Tepat Guna memiliki artian yaitu Solusi padat karya yang penggunaan teknologi nya sedehana yang dapat mencapai tujuan yang diinginkan secara efektif di suatu tempat tertentu.

SEO Sponsors

Sebuah tulisan penuh makna
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top