Postingan Populer

Menghitung Masa Kehamilan
Banyak dari ibu yang mengalami kesulitan untuk menghitung masa kehamilan. Lantas bagaimanakah cara menghitung usia kehamilan yang tepat dan akurat? Nah, anda tidak perlu bingung lagi mencari cara menghitung kehamilan atau metode menghitung kalender kehamilan yang benar, karena pada ulasan kali ini kami akan memberikan 6 cara mudah untuk mengetahui usia kehamilan. Pada saat tertentu kadang perhitungan usia kehamilan ibu hamil dan dokter bisa berbeda. Hal ini karena para dokter dan bidan akan mulai menghitung usia kehamilan dari hari pertama menstruasinya berakhir (last menstrual period/LMP) berdasarkan dengan metode penghitungan usia kehamilan berbasis dari kalender kehamilan.
Menghitung Masa Kehamilan
Menghitung masa kehamilan dan awal kehamilan sejak hari pertama menstruasi berakhir karena kebanyakan perempuan tidak tahu secara persis ketika mereka berovulasi. Tapi kebanyakan tahu kapan masa menstruasinya berakhir. Pada umumnya dokter akan menghitung masa kehamilan selama 280 hari untuk menentukan tanggal jatuh tempo atau kelahiran bayi yang dikandung. Jumlah tersebut setara dengan usia kehamilan 40 minggu. Tapi tanggal tersebut hanya perkiraan saja, dan hanya 5 persen bayi yang lahir tepat pada tanggal perkiraan tersebut. Sedangkan untuk trimester seringkali dianggap sebagai usia kehamilan pertiga bulan. Seseorang akan dikatakan berada di trimester kedua setelah hamil 14 minggu dan trimester ketiga setelah usia kehamilan mencapai 28 minggu.

Biasanya seseorang lebih senang menyebut usia kehamilannya dalam bulan, dalam hal ini tidak tepat jika menghitung satu bulan sama dengan 4 minggu. Karenanya diambil rata-rata satu bulan selama 30 hari dan 1 minggu sama dengan 7 hari. Pada umumnya usia kehamilan tidak persis 9 bulan, misalnya jika hari pertama ia terakhir menstruasi adalah 1 Januari maka tanggal jatuh temponya adalah 8 Oktober. Jadi perhitungannya seperti 9 bulan 1 minggu atau 10 hari, tapi ia bisa melahirkan sebelum atau sesudah tanggal tersebut. Bagaimana cara menghitung masa kehamilan? Kapan haid terakhir/hari pertama haid terakhir (HPHT). Dengan menghitung kapan tanggal hari pertama haid terakhir. Begitu bulan berikutnya Moms tidak haid, maka sudah dihitung sebagai hitungan 1 bulan. Ini dapat dihitung apabila siklus haid normal. Dengan cara ini didapatkan usia kehamilan cukup bulan 40 minggu (280 hari). Namun terkadang Moms lupa kapan hari pertama haid terakhir.

SEO Sponsors

Sebuah tulisan penuh makna
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top