Universities in Indonesia Jakarta
Salah satu dari sekian banyak universities in Indonesia yang populer dan terbaik adalah Universitas Indonesia atau yang kerap disingkat menjadi UI. Perguruan tinggi ini memiliki kampus utama di bagian utara Depok, Jawa Barat. Kampus utama lainnya berlokasi di Salemba, Jakarta Pusat.

UI sendiri merupakan kampus yan modern, terbuka, komprehensif dan juga multi budaya serta humanis. Disiplin ilmu yang terdapat di dalamnya juga cukup luas serta telah menghasilkan hingga lebih dari empat ratus ribu alumni. UI juga dianggap sebagai salah satu perguruan tinggi papan atas Indonesia, bersama dengan Institut Teknologi Bandung atau ITB dan Universitas Gadjah Mada atau UGM di Jogjakarta.


Sejarah UI sendiri dimulai pada tahun 1849 saat pemerintah kolonial Belanda mendirikan sekolah guna menghasilkan tambahan asisten dokter. Sekolah ini makin berkembang hingga pada 1898 didirikan STOVIA yang khusus untuk melatih tenaga medis. Kemudian pada 1924 didirikan RHS sebagai Sekolah Tinggi Hukum yang menjadi cikal bakal dari Fakultas Hukum UI.

Sementara STOVIA diganti namanya menjadi GHS yang menjadi cikal bakal dari Fakultas Kedokteran UI. Setelah kemerdekaan Indonesia, didirikanlah BPTRI atau Badan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia dengan tiga fakultas di dalamnya, yaitu Fakultas Sastra, Fakultas Hukum serta Fakultas Kedokteran dan Farmasi. BPTRI sempat dipindahkan ke Surakarta, Klaten, Yogyakarta, Surabaya serta Malang.


Berlanjut pada 1946 saat NICA mendirikan Universitas Sementara di Jakarta. Setahun kemudian, Universitas Sementara bergani nama menjadi UVI atau Universiteit van Indonesie. Pada saat Jakarta telah diambil alih kembali, BPTRI dikembalikan ke Jakarta dan digabungkan bersama UVI menjadi Universiteit Indonesia atau UI.

UI diresmikan pada 2 Februari 1950 dan namanya diganti menjadi Universitas Indonesia mulai tahun 1955. Pada awal berdirinya UI memiliki sembilan fakultas serta tiga lembaga besar yang terdapat di lima kota berbeda. Seiring perkembangannya, fakultas-fakultas yang ada di daerah mulai memisahkan diri dan menjadi universitas sendiri-sendiri. Demikian adalah sejarah salah satu universities in Indonesia yaitu Universitas Indonesia atau UI.

SEO Sponsors

Sebuah tulisan penuh makna
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top