Postingan Populer

Ketahui Elemen Penting Belajar Progresif Pada Anak
belajar progresif

Belajar adalah salah satu kegiatan yang penting untuk anak-anak. Dari usia dini atau balita hingga remaja aktivitas utama mereka adalah belajar. Dalam hal ini ada yang dinamakan metode belajar progresif yang sekarang lebih banyak digunakan pada sekolah atau lembaga pendidikan. Bisa dikatakan belajar progresif menjadi salah satu cara pembelajaran yang modern. Prinsip Belajar Progresif yang Harus Diketahui.

Pelaksanaan dan Tujuan Proses Belajar Berpusat Pada Anak
Pendapat seorang ahli menyatakan belajar bersifat pemaksaan maka hasilnya tidaklah produktif. Proses belajar seharusnya diawali dengan ide-ide, semangat dan kesenangan anak. Karakter belajar anak yaitu play atau bermain, dimana kesenangan terletak pada aktivitas itu sendiri.


Di masa dewasa karakter tersebut akan beralih menjadi simbol yaitu aktivitas yang kesenangannya terletak pada simbol-simbol abstrak. Sekolah harus menyesuaikan aktivitas belajarnya pada ketiga karakter tersebut.

Anak-anak Bersifat Aktif
Sifat alami anak-anak adalah aktif. Mereka benci berdiam diri atau pasif. Sepanjang waktu mereka ingin melakukan banyak hal yang menarik, yaitu bermain dan mengenal banyak hal. Proses belajar yang membuat siswa pasif akan menyia-nyiakan waktu belajar anak.

Berbeda dengan kebanyakan pendapat guru saat itu yang meyakini perannya sebagai pemberi ilmu pengetahuan sehingga siswa harus berkonsentrasi penuh untuk menerima pengetahuan. Namun pada kondisi belajar yang pasif itulah pikiran anak-anak akan mati. Oleh karena itu ada metode belajar progresif yang lebih menuntut anak-anak untuk aktif dan guru hanya memonitor atau mengarahkan.

Guru Hanya sebagai Fasilitator
Dalam metode ini, guru lebih berperan sebagai fasilitator ketimbang instruktur. Fungsi guru sebagai fasilitator dimulai dari mencari aktivitas yang menyenangkan anak, kemudian mengarahkan mereka untuk menemukan berbagai pelajaran yang bermakna.

Pembelajaran yang menarik bukan seperti humor dan kebebasan yang sekedar menyenangkan tapi sedikit memberi pelajaran, sebaliknya pembelajaran harus berdisiplin dan menunjukkan kenyataan yang menantang. Berbagai materi dan media pembelajaran sebaiknya dimanfaatkan oleh guru untuk memberi pengalaman belajar yang menarik, mandiri dan bermakna bagi hidup mereka.

Belajar progresif ini memang salah satu cara pembelajaran yang sekarang lebih banyak dipraktekkan karena dianggap lebih efisien untuk mengembangkan kemampuan anak.

SEO Sponsors

Sebuah tulisan penuh makna
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top