Teknologi Pertanian
Teknologi Pertanian
Perkembangan dari Teknologi Pertanian menjadi salah satu faktor penentu kesuksesan pertanian. Jika kita membahas tentang pertanian, tentu hal ini selalu identik dengan penyediaan pangan. Kebutuhan manusia akan pangan adalah sebuah hal mutlak untuk dipenuhi. Seiring berjalannya waktu, jumlah permintaan untuk produksi pangan semakin hari juga akan semakin meningkat. Hal tersebut disebabkan oleh populasi manusia yang selalu bertambah serta perilaku konsumtif yang sering dilakukan.

Dalam menghadapi permintaan tersebut, beberapa Teknologi Pertanian terkini sudah mulai dikembangkan. Tujuan utama dari pengembangan teknologi pertanian ini adalah untuk bisa memproduksi pangan dengan kualitas terbaik. Disamping itu, dari segi efisiensi serta ekonomi, penggunaan teknologi bisa meningkatkan efisiensi dari produksi. Berikut beberapa pengembangan teknologi yang semakin inovatif dalam memajukan dunia pertanian:

1. Teknologi Otomasi Pertanian

Penggunaan dari teknologi otomasi untuk produksi pertanian telah banyak dikembangkan. Teknologi tersebut dimulai dari otomasi traktor yang telah dikembangkan sejak tahun 1997. Penerapan dari teknologi otomasi pada umumnya melibatkan beberapa program komputer dengan berbagai alat pertanian seperti traktor. Penerapan dari otomasi seperti ini memang masih terbilang sederhana. Tapi kini sistem otomasi yang lebih rumit juga telah dikembangkan di Belanda.

2. Alat Panen Otomatis

Eldert Van Henten telah mengembangkan teknologi deteksi dan juga alat panen otomatis untuk pisang, pir persik, dan juga pisang di Wageningen University, Belanda. Alat tersebut dapat mendeteksi level pigmen klorofil dan juga athocyanin melalui sebuah alat yang disematkan terhadap buah yang diamati. Disamping itu alat ini juga telah dilengkapi dengan camera pendeteksi kombinasi warna (RGB) yang bisa digunakan untuk mendeteksi kedalaman warna sehingga ukuran buah bisa diketahui.

3. Teknologi sensor

Teknologi sensor saat ini sudah sangat luas mencakupi sektor pertanian. Teknologi ini mulai digunakan dari pertanian hortikultura hingga ke peternakan. Teknologi ini bisa memberikan data yang konkrit dan real time untuk para petani. Teknologi sensor yang dikembangkan saat ini adalah teknologi sensor untuk tanaman yang memanfaatkan drone untuk memperoleh beragam data, seperti pertumbuhan penyakit, hama dan juga permasalahan lainnya. Teknologi tersebut telah banyak dikembangkan di pertanian tanaman hortikultura untuk skala besar.

Beberapa Teknologi Pertanian modern saat ini memang tengah dikembangkan oleh banyak pihak. Dengan hal tersebut diharapkan pertanian di seluruh pelosok dunia bisa terus maju.

SEO Sponsors

Sebuah tulisan penuh makna
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top