Teknologi di Bidang Kesehatan
Indonesia merupakan salah satu Negara yang memanfaatkan kecanggihan Teknologi dalam semua bidang keahlian dan pekerjaan, salah satu contoh sangat yang sangat terlihat adalah dalam dunia kedokteran dan kesehatan. Teknologi di bidang kesehatan saat ini menjadi sangat berperan dalam dunia kedokteran, ini terbukti dengan banyaknya product-product atau alat-alat kedokteran yang bermunculan. 

Alat-alat ini sangat mendukung profesionalisme fungsi medis maupun langsung berperan aktif pada bidang medis. Sebagai contoh, sistem informasi digunakan untuk mencatat rekaman medis pasien secara elektronis.

Salah satu temuan teknologi di bidang kesehatan ini adalah Stetoskop. Ini adalah salah satu alat yang sudah menjadi simbol dari profesi kedokteran. Wajib bagi seorang dokter untuk memiliki alat kedokteran ini. Fungsi dari stetoskop ini adalah untuk mendengarkan detak jantung, suara usus, dan lain sebagainya. 

engan kemampuannya ini, Stetoskop dapat digunakan pula untuk mengetahui kerja paru-paru dan juga untuk mengukur tekanan darah dengan mendengarkan denyut nadi. Endoscopy adalah salah satu alat kedokteran yang memiliki fungsi untuk mengetahui kelainan yang terjadi pada alat-alat pencernaan bagian atas dan juga tenggorokan. Colonoscopy adalah alat kedokteran yang fungsinya untuk mengetahui kondisi saluran pencernaan bagian bawah. Bagian tersebut dimulai dari rectum, anus sampai dengan usus pada bagian bawah.

Alat kedokteran ini dipergunakan untuk mengukur tensi atau tekanan darah. Dipergunakan untuk pemeriksaan pasien hipertensi, anemia, dan lain sebagainya. Ada dua jenis tensimeter yaitu tensimeter air raksa dan tensimeter digital. Tensimeter air raksa di luar negeri saat ini sudah dilarang untuk digunakan lagi karena bahaya dari air raksanya jika tensimeter tersebut pecah. Tensimeter digital sendiri lebih canggih dan praktis dipergunakan, namun harganya memang lebih mahal dibandingkan dengan yang konvensional. 

Termometer adalah alat kedokteran yang dipergunakan untuk mengukur suhu tubuh. Ada dua jenis termometer yaitu termometer raksa dan digital. Perbedaannya terletak pada alat pengukurnya. Itulah artikel tentang teknologi di bidang kesehatan yang dapat kami sampaikan kepada Anda semuanya semoga bermanfaat.

SEO Sponsors

Sebuah tulisan penuh makna
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top