Postingan Populer

Mengenal Teknologi Pendidikan
Teknologi Pendidikan
Menurut Wikipedia teknologi pendidikan adalah studi dan etika praktik untuk memfasilitasi pembelajaran, meningkatkan kinerja melalui penggunaan, penciptaan, dan pengaturan proses dan sumber daya teknologi. Didalam teknologi terdapat perpaduan antara manusia, ide, mesin, pengelolaan, dan pengaturan proses. 

Sedangkan menurut ahli, seperti prof. Dr. Nasution mengatakan bahwa teknologi pendidikan merupakan media yang lahir disebabkan perkembangan alat informasi yang digunakan dalam tujuan pendidikan. Sedangkan menurut definisi awal teknologi pendidikan adalah sebagai media, baik pendidikan dalam media visual berupa film, gambar atau lainnya.

Dalam metode pembelajaran dituntut untuk menggunakan penilaian apa yang dipelajari, dan fungsi dari penilaian tersebut antara lain, sebagai alat ukur hasil belajar siswa, titik tolak untuk memperbaiki prestasi siswa, juga sebagai alat agar guru bisa menilai secara efektif dalam mengajar, sehingga proses belajar bisa berjalan dengan baik. 
Mengenal Teknologi Pendidikan
Teknologi Pendidikan
Ada beberapa langkah yang bisa diikuti dalam metode teknologi pendidikan, diantaranya adalah :
  • Merumuskan tujuan yang jelas , yang bisa dicapai dan bisa dipandang sebagai masalah. Sehingga guru akan tahu masalah apa yang perlu diselesaikan
  • Menyajikan hepotesis yang perlu untuk ditest
  • Menilai hasil pelajaran sehingga bisa menguji hipotesis
  • Jika hasilnya belum benar maka mencari cara lainnya yang memenuhi syarat dan standard. Sehingga akan ditemukan jalan keluar terbaik.
Teknologi pendidikan lahir dari alat –alat yang digunakan dalam pendidikan, dan alat tersebut dikenal dengan nama hardware. Pendidikan juga bisa dikatakan sebagai suatu ekspresi dari gerakan ilmiah yang sudah ada sejak periode aristoteles hingga ilmuan lainnya. 

Dengan adanya teknologi pendidikan maka mengajak guru untuk lebih bersikap problematic terhadap proses pembelajaran, setiap proses pembelajaran dijadikan sebagai hipotesis yang harus diuji. Teknologi pendidikan memberikan gagasan dalam memfasilitasi belajar. 

Dengan adanya teknologi belajar maka membuat belajar semakin mudah. tujuan lainnya dalam teknologi pendidikan adalah guna memecahkan masalah belajar, juga bertujuan untuk meningkatkan kinerja pembelajaran. Pengertian lebih dalam lagi tentang teknologi pendidikan adalah salah satu aspek yang sangat penting dalam proses pembelajaran.

SEO Sponsors

Sebuah tulisan penuh makna
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top